main |
sidebar
TV PROGRAMMING
Oleh : Djuminto SI.P
KEGIATAN TV PROGRAMMING MENCAKUP:
· Pemantauan dan pengkajian kecenderungan masyarakat dan kompetitor serta pengelola persaingan
· Penyusunan Pola Acara dan Kriteria acara
· Penetapan sumber program
· Pemilihan dan penetapan program
· Pengembangan program
· Penyusunan acara harian( Run Down)
· Persetujuan produksi
· Penilaian bahan siaran
· Pemantauan program
APAKAH PROGRAMMING?
· Dari Sudut Pemirsa, programming adalah proses penyediaan materi siaran yg sesuai keinginan dan kebutuhan pemirsa, yg dapat ditonton pd waktu yg paling sesuai bagi mereka
· Dari sudut stasiun TV : Programming adalah mendapatkan dan mengembangkan program serta menjadwalkan penyiarannya agar dapat menarik sebanyak mungkin pemirsa dan bersaing dgn seluruh kompetitor yg ada
YANG PENTING DPERHATKAN DLM PROGRAMMING
· Jangkauan siaran (Lokal, Nasional, Internasional)
· Audience Research
· Penjadwalan (Pola aktu masyarakat, Taget audience, dll)
· Isi Program
· Konteks Program
· Variasi Program
FAKTOR LAIN YG HRS DIPERHATIKAN
· Market Structure
· Distribution
· Programme Supply
· Branding and Reatiling
· Revenue
Market Structure
· Struktur pasar tdk statis
· Kemampuan stasiun mengelola asseta.l:
- Coverage
- Image organisasi, Kanal dan program yg kuat
- Top manajemen yg ahli
- Kemampuan memproduksi (In-House)
- Kontrak yg kuat dgn program supliers
Market Structure
· Bagi stasiun penyiaran yg ingin dominan bertahun-tahun, hrs mempertahankan kepemimpinan dan keunggulannya dlm hal sumber dan distribusi program
· Bagi pemain baru hrs mengambil langkah strategis, apakah akan bersaing secara head to head dgn pemimpin pasar atau bergerak di bidang komplimenternya, a.l :
o Bintang Pengisi acara
o Manajemen berpengalaman
o Keahlian teknis
o Rating tinggi
o Penerimaan tinggi
o Dukungan politis
Distribution
· Jaringan distribusi (transmisi) sangat penting bagi stasiun TV, tidak ada gunanya program yg bagus bila tdk ada yg dpt melihatnya
Program Supply
· Produksi Sendiri (In House Production)
· Studio, Peralatan dan Tim Produksi yg terampil)
· Kekuatan acara Beritanya
· Dibeli
· Produksi kerjasama
Branding & Retailing
· Marketing dan promosi merupakan bagian yg kritis bagi stasiun TV
· Stasiun TV dapat membangun image Brand Marketing pada beberapa level spt :
o Perusahaan
o Kanal
o Penempatan acara harian, presenter dan segmen
o Souvenir
Revenue
· Advertising Revenue
· Subscription
· Subsidi pemerintah
· Hibah
· Usaha non siaran
Advertising
· Besarnya penerimaan melalui iklan ditentukan oleh : Total Advertising Air Time yg ada di pasar dan Market share masing-masing kanal (Stasiun)
· Tinggi rendahnya iklan di TV yg dipengaruhi oleh: -Peraturan pemerintah yg membatasi siaran iklan dan Lobby media cetak