18 Feb 2011

TV PROGRAMMING

Oleh : Djuminto SI.P

KEGIATAN TV PROGRAMMING MENCAKUP:

· Pemantauan dan pengkajian kecenderungan masyarakat dan kompetitor serta pengelola persaingan

· Penyusunan Pola Acara dan Kriteria acara

· Penetapan sumber program

· Pemilihan dan penetapan program

· Pengembangan program

· Penyusunan acara harian( Run Down)

· Persetujuan produksi

· Penilaian bahan siaran

· Pemantauan program

APAKAH PROGRAMMING?

· Dari Sudut Pemirsa, programming adalah proses penyediaan materi siaran yg sesuai keinginan dan kebutuhan pemirsa, yg dapat ditonton pd waktu yg paling sesuai bagi mereka

· Dari sudut stasiun TV : Programming adalah mendapatkan dan mengembangkan program serta menjadwalkan penyiarannya agar dapat menarik sebanyak mungkin pemirsa dan bersaing dgn seluruh kompetitor yg ada

YANG PENTING DPERHATKAN DLM PROGRAMMING

· Jangkauan siaran (Lokal, Nasional, Internasional)

· Audience Research

· Penjadwalan (Pola aktu masyarakat, Taget audience, dll)

· Isi Program

· Konteks Program

· Variasi Program

FAKTOR LAIN YG HRS DIPERHATIKAN

· Market Structure

· Distribution

· Programme Supply

· Branding and Reatiling

· Revenue

Market Structure

· Struktur pasar tdk statis

· Kemampuan stasiun mengelola asseta.l:

- Coverage

- Image organisasi, Kanal dan program yg kuat

- Top manajemen yg ahli

- Kemampuan memproduksi (In-House)

- Kontrak yg kuat dgn program supliers

Market Structure

· Bagi stasiun penyiaran yg ingin dominan bertahun-tahun, hrs mempertahankan kepemimpinan dan keunggulannya dlm hal sumber dan distribusi program

· Bagi pemain baru hrs mengambil langkah strategis, apakah akan bersaing secara head to head dgn pemimpin pasar atau bergerak di bidang komplimenternya, a.l :

o Bintang Pengisi acara

o Manajemen berpengalaman

o Keahlian teknis

o Rating tinggi

o Penerimaan tinggi

o Dukungan politis

Distribution

· Jaringan distribusi (transmisi) sangat penting bagi stasiun TV, tidak ada gunanya program yg bagus bila tdk ada yg dpt melihatnya

Program Supply

· Produksi Sendiri (In House Production)

· Studio, Peralatan dan Tim Produksi yg terampil)

· Kekuatan acara Beritanya

· Dibeli

· Produksi kerjasama

Branding & Retailing

· Marketing dan promosi merupakan bagian yg kritis bagi stasiun TV

· Stasiun TV dapat membangun image Brand Marketing pada beberapa level spt :

o Perusahaan

o Kanal

o Penempatan acara harian, presenter dan segmen

o Souvenir

Revenue

· Advertising Revenue

· Subscription

· Subsidi pemerintah

· Hibah

· Usaha non siaran

Advertising

· Besarnya penerimaan melalui iklan ditentukan oleh : Total Advertising Air Time yg ada di pasar dan Market share masing-masing kanal (Stasiun)

· Tinggi rendahnya iklan di TV yg dipengaruhi oleh: -Peraturan pemerintah yg membatasi siaran iklan dan Lobby media cetak

Template by:
Free Blog Templates