main |
sidebar
Pemasaran Program
Oleh : Djuminto SI.P
Sukses atau gagalnya departemen pemasaran dlm menjalankan fungsinya akan menentukan mati hidupnya suatu stasiun penyiaran
· Departemen pemasaran bertanggung jawab menjual waktu siaran kepada para pemasang iklan
· Ada istilah di lembaga penyiaran, bahwa departemen pemasaran bertugas mencari uang, sedangkan bagian lainnya bertugas menghabiskan uang
· Departemen pemasaran sumber utama pendapatan media penyiaran
· Kemampuan departemen pemasaran untuk menjual waktu siaran (air time), sangat tergantung kepada departemen program dlm menarik audien dan pemasang iklan dgn program2 yg menarik.
· Departemen pemasaran dan departemen program merupakan jantung media penyiaran.
Tanggung jawab pokok dep.pemasaran
· Menjual waktu siaran
· Menyediakan sarana dimana pemasang iklan dpt mencapai target audiennya dgn biaya kompetitif
· Menghasilkan pendapatan yg cukup agar stasiun penyiaran dapat tetap beroperasi secara kompetitif
· Menghasilkan keuntungan bagi pemilik stasiun.
Pringle-starr-mccavitt (1991)-morrisan, 2008.
Syarat staff pemasaran
· Memiliki ambisi, ramah, ulet, keras kepala dan menarik
· Tdk gampang menyerah
· Semangat utk menjual
· Punya gaya, ingin hidup layak dan membutuhkan uang
· Penuh imajinasi dan tahu mengatasi rintangan.
Pedoman positif penjualan
1. Lakukan riset pengiklan
2. Berfikir positif
3. Percaya pada diri sendiri dan produk anda
4. Pancarkan keramahan, kehangatan, dan ketulusan hati
5. Dengarkan. Jadilah sopan, simpatik, dan tertarik
6. Ceritakan sukses stasiun . Sediakan bahan-bahan referensi
7. Berfikir kreatif
8. Ketahui pesaing anda
9. Pertahankan integritas dan sikap tenang
10. Berpenampilan terbaik. Periksa penampilan anda
11. Jadilah obyek dan jagalah pandangan yg tepat
12. Kunjungilah pembuat keputusan. Mintalah perintah untuk mengerjakan pekerjaan ini.
13. Layanilah pelanggan dgn baik setelah dilakukan penjualan.
Hal negatif yg harus dihindari
1. Melakukan penawaran tanpa perencanaan
2. Mengritik atau merendahkan usaha periklanan klien sebelumnya
3. Berdebat dgn klien. Hal ini hanya akan menimbulkan hambatan yg jauh lebih besar
4. Bersaing dgn saling menjelekkan
5. Berbicara terlalu banyak
6. Terlalu menyombong dan agresif
7. Berbohong, melebih-lebihkan atau membuat janji yg tdk sesuai kenyataan
8. Merokok atau mengunyah permen karet didepan klien
9. Menangguhkan atau menunda-nunda
10. Terintimidasi, atau tetap menunggu dlm waktu yg tidak masuk akal
11. Melakukan presentasi kecuali anda memiliki perhatian yg tdk terpecah dari klien
12. Kehilangan kontrol thd emosi
13. Meminta terlalu sedikit. Jangan pernah menjual dibawah harga klien
14. Menerima “ tidak “ sbg hal terakhir.
Alasan pengiklan
· Tdk ada yg mengikuti siaran iklan
· Iklan surat kabar lebih efektif
· Siaran iklan berbiaya tinggi
· Tak ada yg mengikuti siaran stasiun anda
· Kami telah mencoba siaran di sstasiun x, tapi gagal
· Kita tdk memerlukan bisnis lagi
· Kami telah mengalokasikan anggaran periklanan
· Kita bissa mendapatkan tarif yg lebih murah pada stasiun lain
· Bisnis sedang sepi, dan kita tidak memiliki uang
· Partner kami tidak menyukai siaran
Siaran iklan
· Siaran iklan pertama kali radio mengudara pada tanggal 28 agustus 1922 , oleh radio “ weaf “ amerika
· Siaran iklan pertama kali televisi mengudara pada tahun 1941. Tahun ini merupakan tahun pertama mengudaranya siaran televisi komersial.
Kekuatan siaran iklan
· Daya jangkau luas
· Audien tertentu
· Waktu tertentu
· Fokus perhatian
· Kemampuan menunjukkan
· Kemampuan menghibur
· Memberikan prestise
Kelemahan siaran iklan
· Biaya mahal
· Informasi terbatas
· Penayangan singkat
· Penghindaran
· Tempat terbatas
Rate card
· Rate card adalah daftar tarif waktu siaran yang diterbitkan oleh stasiun penyiaran bagi mkeperluan pemasang iklan.
· Stasiun penyiaran menjual waktu siaran berdasarkan durasi detik.
· Pada umumnya durasi per iklan 30 – 60 detik