main |
sidebar
Format Stasiun. Positioning, Target Audience
oleh: Djuminto S.IP.
AUDIENCE TARGET
AUDIENCE TARGET = KHALAYAK SASARAN
Merupakan salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan dalam menentukan Format Siaran / format Stasiun
8 JENIS NILAI (THE LIST OF VALUE) YG BERHUBUNGAN DGN SEGMEN, YAITU KHALAYAK YG MEMPRIORITASKAN :
1. Harga diri (tersebar merata dlm berbagai tingkat usia dan tingkat penghasilan)
2. Rasa Aman (didambakan oleh mereka yang mengalami kesulitan ekonomi, dan tekanan psikologis
3. Kehangatan hubungan (umumnya wanita, mempunyai banyak kawan dan sahabat)
4. Pencapaian Prestasi (umumnya usia 40 an, mempunyai pekrjaan bagus, profesional5.
5. Pemenuhan diri (umumnya orang muda yg berhasil secara ekonomi, pendidikan dan emosi
6. Terhormat >50 tahun, mempunyai pekerjaan terhormat dan mencintai pekerjaannya
7. Kebersamaan (umumnya adalah wanita yg menjaga hubungan yg hangat dgn orang lain. Mereka berorientasipada rumah dan keluarga
8. Kesenangan hidup (cenderung individualis, tidak suka peran keluarga, agama dan kurang suka pada anak-anak, menyukai sport dan hiburan )
Rhenald Kasali.
FORMAT STASIUN
· FORMAT STASSIUN ADALAH STRATEGI POLA PENYIARAN YANG DIARAHKAN PADA SEGMEN AUDIENCE TERTENTU , DAN DIMAKSUDKAN AGAR SIARAN SIARAN DIIKUTI OLEH KHALAYAK .
· Format stasiun merupakan menu utk memenuhi keperluan khalayak.
· Format stasiun juga merupakan cara dlm membuka jalur komunikasi sbg prasarana yg diperlukan utk mengalirkan pesan kearah segmen tertentu.
· Format stasiun adalah kartu identitas diri bagi sebuah stasiun penyiaran
LANGKAH PENETAPAN FORMAT STASIUN
· Melaksanakan penelitian khalayak (audience research) yg mencakup a.l. Aspek psikologis ( attitude, interest,opinion), meliputi gaya hidup, tingkah laku, kepercayaan, nilai2 yg dianut, imajinasi, emosi, dan kesetiaan mengikuti siaran, dll.
· Memformulasikan target khalayak lengkap dgn potensinya
· Menentukan jenis program yg tepat utk memenuhikebutuhan mereka
POSITIONING
· UPAYA MENANAMKAN SEBUAH PROSPEK DLM INGATAN KHALAYAK MELALUI CIRI KEPRIBADIAN MAUPUN KEUNGGULAN YG DIPETIK DARI KEUNIKAN YG KHAS DARI STASIUN PENYIARAN DAN TERBENTUK DLM BENAK KHALAYAK/AUDIENCE
Sebuah stasiun penyiaran memperoleh positioning apabila berhasil membentuk image dlm pikiran khalayak dan diakui sbg :
· Yang pertama
· Yang terbesar
· Yang terbaik
· Yang spesifik
· Yang mewakili
· Yang terpecaya, dll.
LANGKAH2 MENETAPKAN POSITIONING:
· Mengetahui peta stasiun saat ini
· Menetapkan posisi yg ingin dicapai
· Mengetahui peluang yg ada , perhitungan untung rugi
· Mencari upaya utk melaksanakan positioning yg direncanakan.
· Positioning dinyatakan melalui:
· Slogan
· Stasiun Image : publikasi meluas, humas, salesman ship, format pattern
· Monitoring Stasiun : gerak radio lain, menghimpun data
· Stasiun Identity : bagaimana mengatakan Who am I
· Kreatifitas acara2 unggulan
STATION IDENTITY:
· Tengara positioning, stasiun call, jingle, slogan
· Bahasa Siaran
· Air Personality
· Acara unggulan
· Aktivitas off air, logo, dll
POSITIONING, ADALAH UPAYA MENANAMKAN SEBUAH PROSPEK DLM INGATAN AUDIENCE MELALUI CIRI KEPRIBADIAN MAUPUN KEUNGGULAN YG DIPETIK DARI KEUNIKAN YANG KHAS DARI STASIUN PENYIARAN DAN TERBENTUK DLAM BENAK KHALAYAK