main |
sidebar
PROGRAMMER
Oleh : Djuminto SI.P
Yg mempengaruhi pengambilan keputusan programmer di dalam menentukan program acara siaran a.l. sbb:
· Potensi keseluruhan Audiences
· Kebijakan manjemen
· Audience spesifik, potensial marketing programnya dan ketentuan ttg standar program siaran
· Analisis dan asumsi pribadi seorang manajer program (personal judgment) - Michael Fisher(Head, 1989)
Menurut Shiraisi (1987)
· Memilih atau menentukan khalayak
· Meneukan isi atau materi setiap program
· Menentukan format program
· Menentukan waktu siaran
· Membuat susunan program siaran (tahunan, bulanan, mingguan dan harian)
Tugas Programmer ibaratkan seorang Jendral perang, harus memenangkan pertempuran.
Untuk memenangkan pertempuran seorang programmer harus :
· Melakukan evaluasi program yg telah disiarkan
· Mendapatkan program
· Menyeleksi Program siaran
· Melaksanakan penjadwalan
Ketrampilan yg hrs dimiliki Programmer
· Melakukan evaluasi program dan sasaran audience
· Ketentuan2 Hak Cipta
· Akuisisi Program ( membeli program)
· Ketrampilan negosiasi
· Seleksi program
· Seleksi channel ( utk networking/ siaran bersama)
· Scheduling ( agar mampu menarik audience)
KERJA ANALITIS PROGRAMMER
· HOW TO SELL THE PROGRAMME TO THE RIGHT VIEWERS AT THE RIGHT TIME.
(Bagaimana caranya menjual acara2 siaran kpd penonton yang tepat sasaran dan waktu menonton yg tepat pula)
Utk mendukung hal ini dpt dikuti tindakan berikut:
1.KNOW YOUR AUDIENCE.(Siapa saja penontonnya).
* Kalangan atas, menengah atau bawah?
* Saat kapan penonton dirumah?
* Jam brp waktu sibuk penonton
Utk mengetahui hal ini dpt dari Lembaga survey.( SRI / ACNielsens).
2.KNOW YOUR PRODUCT ( Hrs tahu program yg yg akan disampaikan kpd penonton).
* Acara hiburan, utk ibu2 atau anak2, dll
* Penonton hrs tahu Acara2 disiarkan kpn
* Jenis program yg bervariasi sng mempermudah penyusunan pola.
3. KNOW YOUR BUDGET
* Penata program hrs tahu batasan anggaran / harga yg hrs dibeli.
* Penata program hrs pandai menghitung
dan yakin bhw program yg dibeli akan mendatangkan keuntungan
4. KNOW YOUR STAFF
* Jumlah staff hrs memadai
* Staff hrs tahu tugas masing2
* Staff hrs saling percaya
* Staff aling mendukung
* Staff hrs bekerja profesional
5. KNOW YOUR COMUNITY.
* Programmer hrs tahu hubungan pekerjaan didalm maupun diluar lingkungannya
* Tahu policy intern dan dpt kerkomunikasi dgn klien
6. KNOW YOUR MANAGEMENT
* Tahu pengelolaan tatanan kerja intern
* Tahu profesi masing staff
* Tahu kebijaksanaan pimpinan / peru
sahaan.
7. KNOW YOURSELF
* Tahu yg hrs dilakukan diri sendiri
* Sbg penata program hrs berfikir bahwa
yg diprogramkan itu utk memenuhi
keinginan dan keperluan penonton.
ACUAN PENYUSUNAN PROGRAM
· Dalam penyusunan program acara, seorang programmer sering dihadapkan pada pilihan diantara program acara yg ideal( program yg mengajarkan kebaikan dan bermanfaat secara luas) dengan program acara yg komersial ( orientasi utk mengikuti trend populer , meskipun kurang bermanfaat secara luas bagi msyarakat)
PROGRAM YG IDEAL
· Selalu mengacu kepada peningkatan harkat dan martabat kehidupan yg lebih baik
· Selalu konstektual dan relevan dgn audiencenya
· Memberikan inspirai audience utk meningkatkan kualitas kehidupannya
· Di produksi dan diajikan secara baik, inovatif dan mudah dipahami
PROGRAM YG KOMERSIAL
· Memberikan hiburan yg luas kepada audience
· Mengikuti kecenderungan yg lebih populer
· Menampilkan “bintang-bintang” yg lebih populer
· Isi dan pesan tdk menjadi tujuan utama
· Di produksi dan disajikan secara baik, inovatif, ringan dan mudah dimengerti
IDEAL SEKALIGUS KOMERSIAL
· Program acara seharusnya bisa menjadi program acara yg ideal sekaligus komersial.
· Acuannya adalah peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, konstektual dan relevan dgn audiencenya.
KETENTUAN-2 DLM PENYUSUNAN PROGRAM ACARA
NORMA2 UMUM ACUAN PROGRAMMER :
1. Visi dan Misi dan semangat yg dibngun dalam UU Pnyiaran.
2. Ketentuan normatif yg ditetapkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)
3. Sistim nilai dan ketentuan normatif yg berkembang di masyarakat, spt nilai2 religius, sosial dan nilai kultural
KETENTUAN NORMATIF KPI
· Ketentuan normatif KPI tertuang dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 SPS). Intinya dalam P3SPS adalah berisi pedoman yg harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan dlm penyelenggaraan siaran
· P3SPS , menjadi pegangan Programmer dalam merancang isi , produksi dan cara penyajiannya.
Seorang programmer dlm menyusun sebuah program acara siaran, juga berpedoman kpd acuan2 yg telah disusun oleh lembaga penyiarannya sendiri seperti :
· Visi dan Misi
· Kecenderungan masyarakat ( konflik, dll)
· Advertising
· Segmentasi, Kompetisi( program yg seragam)
· Perilaku pemasang iklan
POLA SIARAN
· SALAH SATU TUGAS POKOK SEORANG PROGRAMMER ADALAH MEMBUAT POLA SIARAN
· POLA SIARAN MERUPAKAN GARIS-GARIS BESAR HALUAN SIARAN DARI SUATU STASIUN PENYIARAN
PEDOMAN ARAHAN DLM PENYUSUNAN POLA SIARAN :
· Penyiaran dpt menyalurkan pendapat umum yg konstruktif dlm berbangsa dan bernegara
· Dpt meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kecerdasan kehidupan bangsa
· Mengembangkan dan melestarikan nilai2 budaya bangsa
· Dpt menangkal pengaruh buruk thd tatanilai perikehidupan bangsa
· Dpt meningkatkan peranan bangsa ditengah tengah pergaulan antar bangsa dlm ikut melestarikan ketertiban dunia
· Meningkatkan pembangunan watak, kepribadian bangsa, harkat dan martabat manusia
· Dpt meningkatkan upaya bagi suksesnya pembangunan nasional
· Dpt menimbulkan kesadaran hukum dan terpeliharanya ketertiban umum serta kesusilaan.
PRINSIP-2 PENYUSUNAN PROGRAM
· Prinsip Kesesuaian/ kecocokan
· Prinsip Pembentukan Kebiasaan
· Prinsip pengaturan arus khalayak
· Prinsip konservasi atau pelestarian sumber program
· Prinsip daya tarik massa
Prinsip Kesesuaian
· Didalam menusun atau menjadwal program harus mempertimbangkan dgn jadwal harian seseorang atau sekelompok masyarakat dgn perilaku yg didasarkan oleh status sosialnya, status ekonominya dan tingkat pendidikannya, dll.
Prinsip Pembentukan Kebiasaan
Setiap menempatkan sebuah program acara, programmer hrs menciptakan sebuah kebiasaan baru bagi audiencenya, terutama sasaran utama dari kelompok yang di pilih, dgn cara :
- Dilakukan secara terus menerus dan berulang
- Dilakukan konsisten dgn waktunya
- memainkan emosi dan keterlibatan audience
Prinsip Pengaturan Arus Khalayak
Menjaga agar khalayak senantias bisa mengikuti setiap program acara secara terus menerus didalam batas waktu tertentu .
Atau bagaimana dpt mempertahankan agar audience terus mengikuti program acara satu ke acara berikutnya.
Prinsip Konservasi / Pelestarian program
· Agar seorang programmer senantiasa memperhatikan dan menjaga agar bahan-bahan yg menjadi materi dasar dari sebuah program acara selalu tersedia dan mudah didapat, utk menjaga kelangsungan hidup sebuah program
Prinsip daya Tarik Massa
· Agar seorang programmer didalam memilih , menentukan atau merangsang sebuah program selalu mempertimbangkan dan mengutamakan bhw program tsb hrs lebih menarik perhatian audience daripada dayatarik programmer, produser atau ownernya.
PERILAKU KOMPETITOR
· Berpikir melakukan kompetisi langsung/tdk langsung
· Membaca strategi yg digunakan utk melihat kekuatan dan kelemahan
· Mengetahui acara unggulannya
· Mengetahui acara favoritnya
Masalah Strategis Dlm Programming
· Mengerti perilaku audience atau target
- Kegemaran atau hobi
- Kesenangan thd program acara
- Kesempatan audience utk melihat atau mendengar
- Bagaimana cara audience menikmati acara
KARAKTERISTIK PROGRAM
- Tema yg dibawa
- Nilai2 sosial yg dibawa
- Segmen audiencenya
- Strategi produksi dan penyajiannya.
DAYPART & UNIT STRATEGI PENYUSUNAN PROGRAMMING
DAYPART:
Adalah satu unit strategi di dlm penyusunan program, yg merupakan periode waktu tetentu ( 2 jam atau lebih), yg menggambarkan adanya kaitan antara pola kecenderungan dan kegiatan harian audience dgn suasana tertentu.
Seorang programmer hrs memahami perilaku kehidupan kelompok masyarakat yg menjadi sasaran utama dari program acara tersebut.
UNIT STRATEGI DLM PENJADWALAN
06.00 - 09.00 Early morning
09.00 - 12.00 morning
12.00 - 16.00 afternoon
16.00 - 18.00 early fringe
18.00 - 19.30 early evening
19.30 - 20.00 acces
20.00 - 23.00 Prime Time
23.00 - 23.30 Late fringe
23.30 - 02.00 Late Night
02.00 - 06.00 All Night/Over Night